OQTORA - Tempatnya nongkrong anak-anak absurd

Saturday 9 November 2019

Perkembangan Teknologi Multimedia

No comments :
Hai, Selamat datang di blog oqtora, bagaimana kabar kalian semua ? semoga baik-baik saja ya.
Kali ini saya akan membahas sedikit tentang Perkembangan Teknologi Multimedia.

Yang pertama akan saya bahas adalah pengertian dari multimedia secara bahasa. Terdapat dua kata yaitu multi yang artinya banyak dan media yang artinya alat. Alat atau sesuatu yang di maksudkan adalah untuk menyampaikan informasi ( pesan ). Dapat disimpulkan multimedia adalah sarana atau alat yang digunakan untuk menyampaikan pesan atau gagasan.

Sedangkan menurut istilah multimedia adalah sarana yang menyajikan kombinasi atau gabungan dari beberapa elemen seperti teks, suara, gambar, video, animasi yang di sajikan secara interaktif yang bertujuan untuk menyampaikan informasi maupun pemahaman secara visual atau hanya sekedar media hiburan.

dan berikut ini adalah pengertian multimedia menurut beberapa ahli :
Mr.Comick, 1996
                            Kombinasi dari tiga elemen : suara, gambar dan teks
Roasch, 1996
                            Gabungan antara komputer dan video
Robin dan Linda
                             Alat yang dapat menciptakan presentasi yang dinamis dan interaktif yang                                               mengkombinasi kan teks, grafik, animasi, audio dan video

Jenis - Jenis Multimedia
Nah, setelah kita mengetahui pengertian dari multimedia itu apa kali ini saya akan memberi tahu apa aja sih jenis-jenis dari multimedia itu sendiri. Terdapat 2 jenis multimedia yaitu multimedia content production dan multimedia communication.

Multimedia content production merupakan hasil ( produk ) dari proses penggabungan beberapa media ( audio, teks, animasi,gambar, serta video ) untuk menyampaikan sebuah informasi yang berupa produk multimedia ( film, musik, game dll ).

Adapun media yang digunakan adalah media audio, media teks, media suara, media gambar, animasi, spesial effect, media interaktif.

Multimedia comunication merupakan proses penggunaan media seperti media cetak, radio, televisi, serta internet yang bertujuan untuk menyampaikan, menyiarkan,mengkomunikasikan,sebuah pesan atau informasi seperti news, entertaiment, advertising, education, dll.
multimedia jenis ini media yang digunakan berupa media cetak, radio, televisi, game, dll.

Sejarah Multimedia 
Istilah multimedia berawal dari themonitor video, synthesiater, bukan komputer. dimana pertunjukn multimedia mencakup monitor vidio, synthesized band dan karya seni manusia sebagai bagian dari pertunjukan Sistem multimedia dimulai pada akhir 1980-an dengan diperkenalnya Hypercard oleh Apple pada tahun 1987 dan pengumuman oleh IBM pada tahun 1989  mengenai perangkat lunak Audio  Visual Connection (AVC) dan vivido adapter card bagi PS 2.
Sejak permulaann tersebut, hampir setiap pemasok perangkat keras dan lunak melompat ke multimedia. sehinnga pada tahun 1994, dipekirakan ada lebih dari 700 produk dan system multimedia di pasaran.
Lewat tahun 70-an pengguna micro komputer telah dapat membantu menjelaskan masalah-masalah dan mempercepat penyelesaian pekerjaan sehari-hari. Penggunaan komputer juga dapat menyebarkan informasi dan juga dapat menyajikan hiburan kepada pengguna komputer dan komputer saat ini bukan menjadi barang yang baru ataupun mewah tetapi menjadi suatu kebutuhan.

Perkembangan Multimedia
Multimedia di manfaatan juga dalam dunia pendidikan dan bisnis. Di dunia pendidikan multimedia di  gunakan sebagai media pengajaran, baik dalam kelas maupun secara sendiri-sendiri. Didunia bisnis, multimedia digunakan sebagai media profil perusahaan, profil produk, bahkan sebagai media kios informasi dan pelatihan dalam sistem e-learning.

Perkembangan Multimedia dalam Bidang Pendidikan
- Saat komputer di Indonesia belum begitu banyak, guru hanya bisa menyampaikan sebuah materi pembelajaran lewat tulisan atau lisan.
- Saat ini penyampaian materi belajar lebih efektif dengan tampilan yang interaktif sehingga memudahkan pembelajaran karena didukung oleh berbagai aspek.

Perkembagan Multimedia dalam Bidang Bisnis
Beberapa perusahaan memberikan pelatihan atau training terhadap pegawaat dengan materi traing menggunakan basis multimedia dalam bentuk simluasi sebagi contoh flight simulator yang digunakan untuk latihan pilot sebelum menerbangkan pesawat aslinya.

Perkembagan Multimedia dalam Bidang Kesehatan
Saat ini sudah banyak alat kedokteran yang mampu memeriksa kondisi tubuh dan memvisualisasikan lewat gambar salah satunya USG, rongent dll.

Perkembangan Multimedia dalam Bidang Entertaiment- Multimedia membuat edukasi lebih menarik.
- Multimedia sebagai pendukung entertaiment seperti animasi leser show dalam sebuah pertunjukan.

Perkembangan Multimedia dalam Bidang Industri

1.Industri Komputer
    Industri komputer pada saat ini tidak lagi disajikan melalui teks dan gambar, tetapi juga melalui sumber-sumber yang diperoleh dari media lain seperti audio dan video.

2.Industri Telekomunikasi
    Informasi multimedia juga diproses melalui perangkat komputer dan dikomunikasikan dengan wireless  atau satelit. Oleh karena informasi multimedia berskala besar secara terus menerus sistem komunikasi data yang sesuai sangat diperlukan. Hal ini mengakibatkan perubahan terhadap sistem telekomunikasi yang ada.

3.Industri Penyiaran ( broadcasting )
Pengaruh dari sebuah industri penyiaran pada awalnya alat profesional bagi video dan audio distudio rekaman dan pada bagian penyiaran televisi.

Sekian artikel saya kali ini mohon maaf jika ada kekeliruan dalam  penulisan. Terimakasih
       





No comments :

Post a Comment